SELAMAT DATANG DI BLOG KU

Senin, 26 September 2011

Wujudkan Beras Lokal

Sintang

Bupati Sintang, Milton Crosby, berharap dalam menyukseskan program pemerintah untuk swasembada pangan pada tahu 2014 nanti, Kecamatan Kelam dapat menjadi sentra produksi pangan dalam hal pertanian di Kabupaten Sintang.
“Saya berharap, Kelam dapat menjadi sentra pertanian, sehingga kebutuhan pangan di Kabupaten Sintang dapat terpenuhi dari sini,” ungkapnya saat melakukan panen padi di Desa Kebong, Kecamatan Kelam, Kamis (8/10).
Untuk mewujudkan hal tersebut, Milton meminta semua pihak yang terkait dapat bekerja lebih keras lagi. Peran Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) juga perlu ditingkatkan.
“PPL merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan pertanian. Di samping itu penggunaan varietas unggul dan penggunaan teknologi pertanian sangat memengaruhi terhadap hasil produksi pertanian,” katanya.
Pemkab secara bertahap juga akan terus mencetak sawah-sawah baru, sesuai program yang telah dicanangkan untuk membuat 500 hektare sawah per kecamatan. Dalam hitungan Milton, jika program 500 hektare sawah per kecamatan dapat terealisasi, maka Sintang akan menjadi pengekspor beras.
“Dengan 500 hektare sawah per kecamatan dikali dengan 14 kecamatan yang ada, jika hasil panen 6 ton per hektare, dengan dua kali panen per tahun, maka Kabupaten Sintang akan menghasilkan 94.000 ton padi per tahun,” jelasnya.
Dalam membangun ketahanan pangan di tingkat Kabupaten Sintang, Kelam menjadi daerah yang paling cocok sebagai pelopor dan pioneer dalam pengembangan pertanian. Bila di daerah ini pertaniannya sukses, dapat ditularkan ke kecamatan lain.
“Impian saya Kelam menjadi pusat pertanian. Harus ada nantinya ‘Beras cap Bukit Kelam’ beredar di pasar,” pungkasnya. (din)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar